Matic Carens LS

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

terrano_putra
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 18 Jul 2007, 09:10

Matic Carens LS

Postby terrano_putra » 30 Jul 2007, 10:21

Temans,
Akhir-akhir ini, saya punya keinginan mau ganti ke mobil matic. Tapi selama ini saya menggunakan mobil manual (Terrano) dan belum pernah sekalipun cobain mobil matic. Disini saya mau tanya, apa aja keuntungan pake mobil matic, dan kelemahan mobil matic apa aja ? perawatan mobil matic ribet gak ya ? Trus akselerasinya lemot gak ?.
Saya sih minatnya sama Kia Carens LS, karena harga secondnya lumayan terjangkau, thanks atas informasinya.

plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Postby plasworld88 » 30 Jul 2007, 11:33

say jg dulu pk terrano, emang cape ya koplingnya.

terrano_putra
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 18 Jul 2007, 09:10

Postby terrano_putra » 30 Jul 2007, 11:56

Gak cuman Terrano, Pak. Semua Mobil manual, bikin capek. Apalagi kalo macet kayak di Jakarta.

plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Postby plasworld88 » 30 Jul 2007, 12:04

iya juga sih.cuma kadang2 antara satu mobil manual dng lainnya, ada yg lbh enteng koplingnya.
Cuma anda bener kok bro kl ngelirik mobil matic,salah satu alasan saya hijrah dr terrano ke mobil saya yg skrg yg matic ya karena itu, jenuh pk manual dng kondisi jln di jakarta.dng matic, jln kemana2 lbh enjoy, kl buat saya lho

plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Postby plasworld88 » 30 Jul 2007, 12:10

O iya, kl kesan saya sih, soal perawatan, paling nanti yg agak mahal ganti oli ATF setiap kelipatan 40 rb, Cuma krn km di mobil saya blm reach 40 rb, ya jadi saya blm bisa cerita soal mahalnya, tp yg pasti kampas rem mobil saya udh diganti (menurut rekomendasi dr bengkel resmi) biarpun saya blm ngerasain ada penurunan performa rem, kata mrk mobil matic lbh cpt aus, bener enggaknya saya sih gak terlalu ngerti.
Soal tarikan? Buat saya sih udh cukup lah, saya udh tua :D , udh gak prefer tarik2an, saya lbh concern ke arah econo drive.jd kl ada yg mau nyalip, biasanya saya lsg kasih ajah :D

terrano_putra
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 18 Jul 2007, 09:10

Postby terrano_putra » 30 Jul 2007, 13:51

@ Plasworld88
Thanks yaa, atas share infonya, btw mobil maticnya apa pak ?
Trus buat Carens Owner,
Ditunggu yaa, share infonya, thanks.

plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Postby plasworld88 » 30 Jul 2007, 13:55

saya pk toyota fortuner pak

terrano_putra
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 18 Jul 2007, 09:10

Postby terrano_putra » 30 Jul 2007, 15:02

@ Plasworld88
Hebat, SUV mania.

plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Postby plasworld88 » 30 Jul 2007, 15:19

hahaha..kl mau dibilang suv mania, yah boleh juga lah, saat ini saya lg demen suv sih (sejak pk terrano hehehe) sblmnya saya pk sedan.

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 31 Jul 2007, 02:41

Matik kelebihannya:
1. kalo makenya bener, mobil matik itu sebenernya no/less maintenance
2. Ganti oli transmisi jaraknya lebih lama dari mobil manual. (dulu pake manual setiap 2x ganti oli mesin, saya selalu 1x ganti oli transmisi), sekarang mobil2 matik kaluaran baru bisa sampe 100 rb km baru dianjurkan kuras oli transmisi (kurang lebih 6-7 tahun sekali dengan asumsi pemakaian normal per tahun). Kayanya gua juga engga pernah ganti kopling deh...
3. enak banget kalo sering kejebak macet.
4. dulu banyak persepsi kalo mobil matik itu gampang rusak /gak reliable, sekarang udah berbalik 180 derajat, matik di mobil2 keluaran baru itu sebenernya reliable sekali.

kekurangan:
1. Rem cepet aus bukan karena bawaan transmisinya automatik, tapi karena kita nginjek rem di mobil matik lebih banyak/sering dari pada nyetir mobil manual. misalnya pas lampu merah, banyak pengemudi mobil matik injak terus rem mobilnya, gak di oper ke N. akibatnya rem cepet aus. (mobil manual aja kalo injek kopling terus pas lampu merah, kopling bentaran aja aus). Juga mobil matik itu bener2 bergantung pada rem untuk menghentikan laju mobil. kalo MT, penghentian laju mobil bisa dibantu engine break.
2. tarikan terutama kalo lagi nanjak engga segarang MT....kalo mao enak, transmisi matik mestinya dipasangkan dengan mesin 2000cc ke atas.
3. makenya jangan kasar....misal pas mundur di R, jangan langsung tuas dipindah ke D sebelom mobil benar2 berhenti....
4. kalo udah sama2 rusak, matik lebih mahal
5. Harus sedia kabel jumper di mobil kalo batere tiba2 soak

User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 24 Feb 2006, 07:24

Re: Matic Carens LS

Postby tigor » 31 Jul 2007, 09:36

terrano_putra wrote:Temans,
perawatan mobil matic ribet gak ya ? Trus akselerasinya lemot gak ?.
Saya sih minatnya sama Kia Carens LS, karena harga secondnya lumayan terjangkau, thanks atas informasinya.


Saya beli carens LS sejak thn 2000, dipake anak gwa kuliah, sampe 2 bulan lalu (gwa jual)..OK banget, nggak ada satupun masalah dengan maticnya sampe KM 60 rb an. Jual krn pengen ganti aja, buan ada masalah di mobilnya.
Setuju kalo matic emang lebih utamakan perawatan aja. Tiap 20-25 rb kuras olie nya n nggak 'kasar' pakenya.
Selama gwa pake 7 thn, seinget gwa cuman ganti kampas rem, koil, filter-2 udara n bensin, dinamo wiper serta shock. Tentu tune up n ban juga lah..but dengan maticnya no problemo.
Kalo lemot sih itu karakter matic kebanyakan yah, jangan bandingin ama manual. Yg jelas di Jkt nggak pegel deh... :)
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 31 Jul 2007, 09:58

mobil matik malah bisa langsung loncat pas lampu lalin berubah dari merah ke ijo.....mobil manual musti spin dulu ban nya.
kalo pake mobil matik yang 2000cc ke atas, engga bakal kurang tenaga lah bro :D

dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: 21 Apr 2006, 11:33

Postby dado » 01 Aug 2007, 16:05

enak sih pake matic, cuman klo untuk pembelian mobil matic second musti lebih teliti yah milihnya soalnya perwatannya mahal boo
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 02 Aug 2007, 06:35

satu2nya cara sih tes jalan bro...kalo masih smooth ganti giginya semestinya masih bagus tuh...coba juga kickdownnya....masih enak ngga? kalo dah jerking atau kasar atau agak nendang, hati2 bro....
tapi kadang2 cuma karena ATF nya kotor aja sih, bukan karena transmisinya dah ampir jebol....

abis itu perhatiin lagi pas tongkat transmisi digeser dari P ke R atau ke D....susah ngga digesernya? kalo susah biasanya paw locknya udah gak bagus lagi.... mahal bro benerinnya. supaya paw lock engga cepet rusak, kalo parkir tanjakan atau turunan, biasakan pake rem parkir. jadi yang megang roda itu rem parkir bukan transmisi.....

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8285
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 04 Aug 2007, 04:04

Caren pasarannya berapa sih?
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....

lobak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 18 Dec 2004, 23:43

Postby lobak » 06 Aug 2007, 09:00

sebetulnya kebanyakan produsen udah kasih ATF yang lifetime. Pengertian "lifetime" disini adalah umur pakai mobil, contohnya dijepang lifetime mobil itu 5 tahun (100rb) -- setelah itu di daur ulang :D

tapi untuk kondisi di indonesia yg macet dan cara mengemudi matic yg buruk , bisa menyebabkan durasi penggantian ATF lebih cepat

lobak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 18 Dec 2004, 23:43

Postby lobak » 06 Aug 2007, 09:01

y_anjasrana wrote:Caren pasarannya berapa sih?


Carens II tahun 2003/4 sekitar 80jtan

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Postby Risol1 » 06 Aug 2007, 10:13

y_anjasrana wrote:Caren pasarannya berapa sih?

carens taon berapa bro?
FYI- Carens II barunya cm 117jt tuh bro (lagi diskon)

duniabengkel
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 22 Jan 2008, 11:19

Re: Matic Carens LS

Postby duniabengkel » 28 Jan 2008, 18:41

nyetir mobil matic gampang-gampang susah..
yang penting tau hal yang paling dasar aja saya rasa udah cukup.
modalnya cuma gas ama rem doank. kurang lebih sama seperti naik motor matic jaman sekarang.
klo mau stater tetep perlu injek rem atau pastikan posisi transmisi ada di posisi P.
mau info lebih lanjut bisa liat di duniabengkel.com
Nongkrong Bareng Anak Bengkel di http://duniabengkel.com

wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 06 Jan 2011, 13:00

Re: Matic Carens LS

Postby wongpantai » 06 Jan 2011, 19:05

mhon info lebih medalam tntang carens LS bro2 sekalian, naksir berat neh
tntang perawatan,penyakit2, driving impression, FC, dll


Return to “Sedan Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests